5 Jenis Gerakan Untuk Melancarkan Susah BAB

5 Jenis Gerakan Untuk Melancarkan Susah BAB - Pencernaan menjadi salah satu tanda kesehatan tubuh yang dapat memengaruhi banyak hal, seperti kesehatan mental hingga kulit. Bagi beberapa orang, memiliki pencernaan yang lancar adalah hal yang sangat indah karena jika tidak lancar, akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan masalah yang lebih serius.

Pencernaan yang sehat sangat penting untuk penyerapan nutrisi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu aspek penting dari pencernaan yang sehat adalah kemampuan tubuh untuk buang air besar (BAB) secara teratur. Terdapat beberapa gerakan sederhana yang membantu merangsang pergerakan usus dan memperlancar pencernaan.

Gerakan untuk Melancarkan Susah BAB

  1. Abdominal Crunches

Senam perut tidak hanya membantu membangun kekuatan otot perut, tetapi juga dapat merangsang gerakan peristaltik usus besar. Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki ditempatkan di lantai. Letakkan tangan di belakang kepala atau di depan dada, lalu angkat bahu dari lantai dengan menekuk otot perut. Lakukan gerakan ini secara perlahan dan terkendali.

  1. Cat-Cow Stretch

Peregangan dengan posisi mirip merangkak ini adalah latihan yoga yang melibatkan gerakan ke arah belakang dan ke depan pada tulang belakang. Gerakan ini juga dapat membantu merangsang gerakan peristaltik usus besar dan meningkatkan fleksibilitas tulang belakang. Mulailah dengan posisi kaki dan tangan bertumpu di lantai, lalu tarik perut ke dalam dan lengkungkan punggung ke atas seperti kucing. Kemudian, hembuskan napas dan arahkan dada ke arah lantai sambil melengkungkan punggung ke atas seperti sapi. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

  1. Seated Spinal Twist

Peregangan twisting melibatkan gerakan rotasi tubuh yang dapat merangsang pergerakan usus dan meningkatkan sirkulasi darah ke organ pencernaan. Duduklah dengan kaki lurus di depan, lalu tekuk satu kaki dan letakkan telapak kaki di luar sisi kaki yang lurus. Putar tubuh ke arah kaki yang ditekuk, gunakan lengan untuk mendukung gerakan dan rasakan peregangan di bagian belakang dan samping tubuh. Tahan posisi ini selama beberapa napas, lalu ulangi di sisi lain.

  1. Deep Breathing Walking

Latihan pernapasan dalam dapat membantu merilekskan tubuh dan mengurangi stres, yang dapat berkontribusi pada masalah pencernaan. Duduklah dengan nyaman dan rapatkan mata, lalu tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan sebentar, dan hembuskan napas perlahan melalui mulut. Ulangi latihan ini beberapa kali sambil fokus pada perasaan rileks dan tenang.

  1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah latihan aerobik sederhana yang dapat membantu merangsang pergerakan usus dan meningkatkan sirkulasi darah. Cobalah untuk berjalan selama 20-30 menit setiap hari, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Berjalan kaki setelah makan juga dapat membantu memperlancar pencernaan.

Selain melakukan gerakan-gerakan yang membantu merangsang peristaltik usus, diperlukannya juga dukungan dari pola makan yang sehat. Mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan sayur dan buah termasuk dalam kategori makanan yang memiliki banyak manfaat.

Namun sayangnya, tidak semua orang menyukai sayur dan buah. Untuk tetap melengkapi kebutuhan tersebut, dapat dibantu dengan suplemen tinggi serat FibreFirst yang sudah memiliki izin BPOM sebagai suplemen kesehatan (SI/SD/SL).

Dikarenakan termasuk dalam suplemen kesehatan, FibreFirst aman dikonsumsi dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan. Cukup sehari sekali sebelum tidur agar proses detoksifikasi dapat bekerja secara maksimal ketika tubuh sedang beristirahat.

FibreFirst mengandung tinggi serat alami dari ekstrak sayur dan buah asli, menggunakan pemanis alami dari stevia, sehingga rendah kalori. Suplemen ini tidak memberikan efek samping seperti mulas melilit, karena kandungannya yang alami, prosesnya juga terasa natural.

Cek disini untuk info selengkapnya mengenai FibreFirst. Dapatkan suplemen tinggi serat FibreFirst di supermarket terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.