5 Penyebab Berat Badan Susah Turun

5 Penyebab Berat Badan Susah Turun

Sebagian besar orang telah melakukan program diet ketat, tetapi berat badan mereka tidak menurun-menurun. Bahkan, ada beberapa orang yang melakukan sedot lemak sehingga tubuh mereka turun tetapi berat badannya kembali naik. Jadi apa yang menyebabkan barat badan Anda sulit untuk diturunkan?

Berdasarkan dari berbagai penelitian, berikut ini adalah 5 Penyebab Berat Badan Susah Turun:

1. Kurang tidur

Seseorang yang tidak atau kurang tidur akan berdampak buruk terhadap sistem metabolismenya, sehingga program diet apa pun tidak membuahkan hasil maksimal. Bagi mereka yang kurang tidur, makanan yang dikonsumsi tidak dapat dicerna dengan baik. Inilah alasan yang membuatnya sulit menurunkan berat badan.

Selain itu, orang yang kurang tidur akan mengurangi kemampuan tubuh untuk mengontrol gula darah, sehingga hormon leptin, yang berguna untuk membatasi nafsu makan, juga berkurang.

Akibatnya, Anda akan sering merasa lapar dan membuat Anda kurang bisa mengontrol asupan makanan. Usahakan untuk tidak begadang jika tidak diperlukan. Jangan lupa makan malam setidaknya tiga jam sebelum tidur dan hindari asupan kafein agar dapat membantu Anda tidur nyenyak dan menambah waktu tidur.

2. Stres

Faktor lain yang menyebabkan susahnya menurunkan berat badan adalah stres. Stres menyebabkan tubuh memproduksi banyak kortisol, zat ini membuat seseorang selalu lapar dan ingin makan.

Untuk menghindari kemungkinan ini, cobalah beberapa cara untuk menurunkan stress, seperti jalan-jalan, mengobrol, peregangan, atau kegiatan lain untuk mengurangi stres. Coba juga meditasi sederhana dan ganti konsumsi junk food atau makanan instan.

3. Minuman

Saat Anda menjalani program diet, Anda juga harus memperhatikan minuman. Akan lebih baik jika Anda memperbanyak minum air putih, dibandingkan dengan minuman ringan seperti soda, sirup dan sejenisnya, karena minuman tersebut akan membuat asupan kalori tubuh Anda berkali-kali lebih tinggi.

Selain itu, dehidrasi dapat memiliki efek negatif pada fungsi tubuh secara umum. Selain menjadi tidak sehat dan dapat menyebabkan penyakit, kurangnya konsumsi cairan juga memperlambat metabolisme tubuh, yang memengaruhi jumlah kalori yang terbakar.

Agar Anda bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah, pastikan mengonsumsi sekitar 8 gelas air sehari. Jangan lupa juga membawa sebotol air minum kemana pun Anda bepergian.

4. Makan larut malam

Di malam hari, makanan yang dikonsumsi tidak akan dicerna secara optimal. Serta, kalori yang dihasilkan oleh makanan ini menjadi lemak yang telah menumpuk. Makan makanan sebelum tidur adalah larangan jika Anda ingin menurunkan berat badan. Tubuh sulit membakar lemak jika Anda makan sebelum tidur. Makanlah setidaknya tiga jam sebelum tidur.

5. Pengurangan asupan karbohidrat

Jika Anda masih makan nasi atau jenis karbohidrat lain dalam porsi yang cukup, jangan berharap untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Anda harus tahu bahwa peningkatan berat badan juga bisa disebabkan oleh asupan karbohidrat yang berlebihan.

Jika Anda biasa makan nasi dua centong, cobalah kurangi porsinya dan perbanyaklah lauk protein dan sayuran. Atau, Anda bisa menggantinya dengan buah.