6 Makanan Sehat untuk Diet Menurunkan Berat Badan

6 Makanan Sehat untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang pasti menginginkan berat badan ideal. Jika Anda sudah gemuk, maka Anda akan melakukan berbagai bentuk diet dan cara. Namun, mendapatkan tubuh ideal tidak semudah yang Anda kira.

Ada beberapa pilihan program diet yang tersedia dan Anda dapat memilih salah satu yang paling cocok. Tapi, sekali lagi, belum tentu diet yang dipilih menjamin penurunan berat badan.

Berikut adalah enam makanan sehat yang diyakini membantu diet menjadi sukses, yang dirangkum dari Health Line. Simak daftar berikut.

1. Telur

Meskipun dikhawatirkan memiliki kolesterol tinggi, telur adalah salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan. Telur kaya akan protein dan lemak, dan mereka sangat mengenyangkan.

Sebuah penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan terbukti meningkatkan rasa kenyang. Hal ini menyebabkan peserta makan lebih sedikit selama 36 jam ke depan.

2. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon sangat sehat dan mengenyangkan berjam-jam, dengan kalori yang relatif sedikit. Salmon penuh dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan beberapa nutrisi penting.

Ikan dan kerang secara umum juga dapat memasok yodium dalam jumlah besar. Nutrisi ini diperlukan untuk fungsi tiroid yang tepat dan menjaga metabolisme berfungsi secara optimal.

Salmon juga mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan, yang diketahui memainkan peran penting dalam obesitas dan penyakit metabolisme.

3. Kentang rebus

Diyakini bahwa makan kentang rebus mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan. Kentang sangat tinggi potasium, mereka juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Makan kentang rebus bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa makan lebih sedikit dalam satu jam berikutnya. Jika Anda membiarkan kentang mendingin beberapa saat setelah mendidih, mereka akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, suatu zat seperti serat yang telah terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

4. Alpukat

Alpukat sarat dengan lemak sehat. Buah ini kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun.

Meski mayoritas adalah lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemak dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 hingga 15 kali.

5. Cabai

Dipercaya bahwa cabai bermanfaat untuk diet dan menurunkan berat badan. Sayuran ini mengandung capsaicin, zat yang telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi satu gram cabai merah mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada orang yang tidak rutin makan cabai. Namun, cabai ini tidak berpengaruh pada orang yang terbiasa makan makanan pedas.

6. Yogurt

Yogurt adalah susu olahan yang baik untuk dikonsumsi. Jenis yogurt tertentu mengandung bakteri probiotik yang dapat meningkatkan fungsi usus.

Memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi terhadap peradangan dan resistensi leptin, yang merupakan salah satu pendorong hormon obesitas utama.

Namun, pastikan memilih yogurt yang tinggi lemak. Studi menunjukkan bahwa yogurt tinggi lemak dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas dan diabetes tipe dua. Sementara yogurt rendah lemak biasanya sarat dengan gula, maka lebih baik untuk menghindarinya.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa Anda tambahkan ke menu diet. Selamat mencoba!